Jumat, 20 Juni 2014

ASPEK PEMASARAN

STUDI KELAYAKAN BISNIS 

JENIS USAHA :
OBAT HERBAL

Nama Anggota Kelompok : Alfa Wardianto         (202 10 524)
    Hilda Nur Aryani      (232 10 317)
      Shinta Ardilawati       (262 10 517)
      Sisil Diaz Aryandi     (262 10 570)
      Verawati                    (282 10 357)
Kelas                                  : 4 EB 02

Promosi penetapan harga
Promosi à promosi obat ini melalui publisitas dengan brosur selain itu dengan memasang iklan melalui sosial media serta tempat-tempat yang strategis
Tempat à pemasaran obat ini melalui agen-agen serta pedagang warung klontong dan apotik-apotik

Pengelompokan strategis
Geografis à kondisi geografis indonesia yang berada diiklim tropis serta terdiri dari pulau-pulau yang memiliki keanekaragaman tumbuhan mendukung pengembangan obat herbal ini karena bahan baku untuk pembuatan tersedia. Selain itu, karakteristik bangsa Indonesia yang masih banyak mempercayai serta menerapkan ramuan obat herbal untuk pengobatan turut mendukung produk ini. maka dari itu, segmentasi pasar dari sisi geografis adalah seluruh Indonesia terutama pulau jawa.
Demografiàsegmentasi dari sisi demografi adalah semua usia, jenis kelamain dan jenjang pendidikan. Semntara dari sisi pendapatan, segmentasi pasar obat herbal nii adalah masyarakat menengah kebawah karena obat ini tergolong lebih murah dibandingkan dengan obat kimia.
Psikografis àsegmentasi dari sisi psikografis adalah masyarakat yang memulai memperhatikan kesehatan dan gaya hidup sehat.  Hal ini karena obat herbal tidak menyebabkan ketergantungan serta minim efek samping.
Perilaku àperilaku masyaraakat serta pengetahuan masyarakat tentang obat herbal yang mempunyai khasiat yang bagi kesehatan yang membuat  produk herbal ini lebih mudah masuk dan diterima oleh masyarakat. Selain itu, warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang banyak mewariskan ramuan obat herbal turut mendukung diterimannya produk herbal ini.

Bauran pemasaran :
Dalam produk ini karena obat herbal merupakan produk yang berupa barang maka digunakan bauran pemasaran 4p
1.     Price
Harga obat herbal ini cukup bervariasi tetapi masih tergolong terjangkau oleh masyarakat.
2.     Product
Obat herbal ini dapat dijadikan sebagai alternative atau obat utama yang dapat digunakan untuk pengobatan. Obat herbal menawarkan beberapa kelebihan lain dibandinkan produk obat-obatan yang beredar dipasaran. Prosuk ini terbuat dari bahan alami, tidak menyebabkan ketegantungan dan minim efek samping. Selain itu produknya pun beragam dan tak kalah dengan obat yang ada , mulai dari obat penyakit ringan hingga obat untuk penyakit kronis tersedia.
3.     Promotion
Promotion obat ini adalah melalui brosur-brosur selain itu dilakukan promosi melalui website serta media sosial. Sistem promosi ini dipilih karena brosur serta dunia maya dirasa media promosi yang paling tepat karena low cost dan menjaring banyak konsumen.
4.     Place
Jaringan distribusi yang dibangun luas hingga kota-kota kecil di Indonesia. selain melalui agen-agen, produk juga disalurkan melalui website, apotik-apotik serta toko-toko. Hal ini dilakukan agar produk terdistribusi dengan baik dan memperluas pasar.

Obat tradisional go international
·       Obat tradisional sebagai brand Indonesia, karna Indonesia kaya akan tanaman herbal.
·       Pemberdayaan dan sosialisasi manfaat obat herbal perlu didukung oleh seluruh pihak, termasuk pemerintah dan DPR, serta mendorong dan memfasilitasi obat tradisional Indonesia.
·       Promosi dan kerjasama perdagangan yang dilakukan pemerintah sangat diperlukan sehingga obat tradisional bisa menjadi satu kebutuhan masyarakat di luar negeri. Salah satu caranya dengan mengadakan pameran. Karna dengan diadakannya pameran akan menarik buyers.

Pangsa pasar herbal di dunia
·       Di USA dan Eropa, obat-obatan herbal merupakan bagian utama dari pasar farmasi dan termasuk dalam praktek medis rutin dalam 20 tahun terakhir ini di USA dilaporkan bahwa banyak ketidakpuasan publik terhadap biaya obat yang diresepkan ditambah makin meningkatkanya minat kembali kea lam menyebabkan peningkatan dalam penggunaan obat herbal.
·       WHO memperkirakan bahwa 80% orang diseluruh dunia bergantung pada obat-obat herbal untuk beberapa bagian perawatan kesehatan primer.
·       Di negara-negara seperti Perancis, Jerman, Inggris dan India, suplemen herbal bersama dengan obat-obatan yang dijual di toko obat.
·       GIA (Global Industri Analisis) melaporkan bahwa pasar global supplement herbal dan pengobatan herbal akan mencapai US $93,15M ditahun 2015, didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen tentang kesehatan.
·       Cina mempunyai 940 perusahaan obat tradisional dengan nilai penjualan domestik US$6 M dengan pangsa pasar mencapai 33% dari total pasar obat dunia.

Data sekunder tentang perkembangan besarnya produksi sejenis
PT Dexa Medica adalah perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan. Salah satu produk yang dihasilkan Dexa Medica adalah Stimuno. Stimuno merupakan obat penguat daya tahan tubuh yang terbuat dari ekstrak tanaman meniran.


Data sekunder tentang faktor internal dari produk sejenis
PT Dexa Medica memiliki faktor internal terdiri dari, kualitas dan mutu produk, kemasan produk praktis dan harga relatif murah, memperoleh pengakuan dari berbagai instansi, aktif melakukan penelitian dan pengembangan, sumber daya manusia professional dan diberi pelatihan khusus untuk meningkatkan kinerja, memiliki alat produksi yang lengkap dan telah mengikuti standar proses produksi yang diterapkan oleh pemerintah.

Data sekunder kelemahan dari produk sejenis
Kelemahan yang dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah promosi masih kurang khususnya melalui televisi.

Data sekunder faktor eksternal dari produk sejenis
Faktor eksternal yang dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah harga produk substitusi meningkat, ketersediaan bahan baku cukup, teknologi yang digunakan modern, pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mendukung penggunaan obat alami, masyarakat memiliki tradisi mengkonsumsi obat tradisional dan gaya hidup masyarakat yang cenderung ke alam (back to nature). Ancaman yang dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah daya beli masyarakat menurun, adanya anggapan bahwa obat alami kurang bermanfaat disbanding obat kimia, kesadaran masyarakat masih kurang terhadap pentingnya mencegah daripada mengobati penyakit dan konsumen memiliki banyak pilihan produk lain.

Data sekunder faktor kunci peluang utama dari produk sejenis
Ketersediaan bahan baku cukup sehingga perusahaan dapat terus berproduksi tanpa impor. Ancaman utama yang dihadapi oleh PT Dexa Medica adalah daya beli masyarakat menurun dan disertai kesadaran masyarakat kurang mengenai pentingnya mencegah daripada mengobati penyakit.

Data sekunder strategi dari produk sejenis
Mempertahankan kualitas, memperluas pemasaran, meningkatkan promosi, mempertahankan harga murah dan mensosialisasikan mengenai pentingnya mencegah daripada mengobati penyakit dan melakukan riset pasar untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar