STUDI KELAYAKAN BISNIS
JENIS
USAHA :
OBAT HERBAL
Nama
Anggota Kelompok : Alfa Wardianto (202 10 524)
Hilda Nur Aryani (232 10 317)
Shinta Ardilawati (262 10 517)
Sisil Diaz Aryandi (262 10 570)
Verawati (282
10 357)
Kelas : 4 EB 02
Promosi penetapan harga
Promosi à
promosi obat ini melalui publisitas dengan brosur selain itu dengan memasang
iklan melalui sosial media serta tempat-tempat yang strategis
Tempat à
pemasaran obat ini melalui agen-agen serta pedagang warung klontong dan
apotik-apotik
Pengelompokan strategis
Geografis à
kondisi geografis indonesia yang berada diiklim tropis serta terdiri dari
pulau-pulau yang memiliki keanekaragaman tumbuhan mendukung pengembangan obat
herbal ini karena bahan baku untuk pembuatan tersedia. Selain itu, karakteristik
bangsa Indonesia yang masih banyak mempercayai serta menerapkan ramuan obat
herbal untuk pengobatan turut mendukung produk ini. maka dari itu, segmentasi
pasar dari sisi geografis adalah seluruh Indonesia terutama pulau jawa.
Demografiàsegmentasi
dari sisi demografi adalah semua usia, jenis kelamain dan jenjang pendidikan.
Semntara dari sisi pendapatan, segmentasi pasar obat herbal nii adalah
masyarakat menengah kebawah karena obat ini tergolong lebih murah dibandingkan
dengan obat kimia.
Psikografis àsegmentasi dari sisi psikografis adalah
masyarakat yang memulai memperhatikan kesehatan dan gaya hidup sehat. Hal ini karena obat herbal tidak menyebabkan
ketergantungan serta minim efek samping.
Perilaku àperilaku
masyaraakat serta pengetahuan masyarakat tentang obat herbal yang mempunyai
khasiat yang bagi kesehatan yang membuat
produk herbal ini lebih mudah masuk dan diterima oleh masyarakat. Selain
itu, warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang banyak mewariskan ramuan obat
herbal turut mendukung diterimannya produk herbal ini.
Bauran pemasaran :
Dalam
produk ini karena obat herbal merupakan produk yang berupa barang maka
digunakan bauran pemasaran 4p
1. Price
Harga obat herbal ini
cukup bervariasi tetapi masih tergolong terjangkau oleh masyarakat.
2. Product
Obat herbal ini dapat
dijadikan sebagai alternative atau obat utama yang dapat digunakan untuk
pengobatan. Obat herbal menawarkan beberapa kelebihan lain dibandinkan produk
obat-obatan yang beredar dipasaran. Prosuk ini terbuat dari bahan alami, tidak
menyebabkan ketegantungan dan minim efek samping. Selain itu produknya pun
beragam dan tak kalah dengan obat yang ada , mulai dari obat penyakit ringan
hingga obat untuk penyakit kronis tersedia.
3. Promotion
Promotion obat ini
adalah melalui brosur-brosur selain itu dilakukan promosi melalui website serta
media sosial. Sistem promosi ini dipilih karena brosur serta dunia maya dirasa
media promosi yang paling tepat karena low cost dan menjaring banyak konsumen.
4. Place
Jaringan distribusi
yang dibangun luas hingga kota-kota kecil di Indonesia. selain melalui
agen-agen, produk juga disalurkan melalui website, apotik-apotik serta
toko-toko. Hal ini dilakukan agar produk terdistribusi dengan baik dan
memperluas pasar.
Obat
tradisional go international
· Obat
tradisional sebagai brand Indonesia, karna Indonesia kaya akan tanaman herbal.
· Pemberdayaan
dan sosialisasi manfaat obat herbal perlu didukung oleh seluruh pihak, termasuk
pemerintah dan DPR, serta mendorong dan memfasilitasi obat tradisional
Indonesia.
· Promosi
dan kerjasama perdagangan yang dilakukan pemerintah sangat diperlukan sehingga
obat tradisional bisa menjadi satu kebutuhan masyarakat di luar negeri. Salah
satu caranya dengan mengadakan pameran. Karna dengan diadakannya pameran akan
menarik buyers.
Pangsa
pasar herbal di dunia
· Di
USA dan Eropa, obat-obatan herbal merupakan bagian utama dari pasar farmasi dan
termasuk dalam praktek medis rutin dalam 20 tahun terakhir ini di USA
dilaporkan bahwa banyak ketidakpuasan publik terhadap biaya obat yang diresepkan
ditambah makin meningkatkanya minat kembali kea lam menyebabkan peningkatan
dalam penggunaan obat herbal.
· WHO
memperkirakan bahwa 80% orang diseluruh dunia bergantung pada obat-obat herbal
untuk beberapa bagian perawatan kesehatan primer.
· Di
negara-negara seperti Perancis, Jerman, Inggris dan India, suplemen herbal
bersama dengan obat-obatan yang dijual di toko obat.
· GIA
(Global Industri Analisis) melaporkan bahwa pasar global supplement herbal dan
pengobatan herbal akan mencapai US $93,15M ditahun 2015, didorong oleh
meningkatnya kesadaran konsumen tentang kesehatan.
· Cina
mempunyai 940 perusahaan obat tradisional dengan nilai penjualan domestik US$6
M dengan pangsa pasar mencapai 33% dari total pasar obat dunia.
Data
sekunder tentang perkembangan besarnya produksi sejenis
PT Dexa Medica
adalah perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan. Salah satu produk yang
dihasilkan Dexa Medica adalah Stimuno. Stimuno merupakan obat penguat daya
tahan tubuh yang terbuat dari ekstrak tanaman meniran.
Data
sekunder tentang faktor internal dari produk sejenis
PT Dexa Medica
memiliki faktor internal terdiri dari, kualitas dan mutu produk, kemasan produk
praktis dan harga relatif murah, memperoleh pengakuan dari berbagai instansi,
aktif melakukan penelitian dan pengembangan, sumber daya manusia professional
dan diberi pelatihan khusus untuk meningkatkan kinerja, memiliki alat produksi
yang lengkap dan telah mengikuti standar proses produksi yang diterapkan oleh
pemerintah.
Data
sekunder kelemahan dari produk sejenis
Kelemahan yang
dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah promosi masih kurang khususnya melalui
televisi.
Data
sekunder faktor eksternal dari produk sejenis
Faktor eksternal
yang dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah harga produk substitusi meningkat, ketersediaan
bahan baku cukup, teknologi yang digunakan modern, pemerintah mengeluarkan
kebijakan yang mendukung penggunaan obat alami, masyarakat memiliki tradisi
mengkonsumsi obat tradisional dan gaya hidup masyarakat yang cenderung ke alam
(back to nature). Ancaman yang
dimiliki oleh PT Dexa Medica adalah daya beli masyarakat menurun, adanya
anggapan bahwa obat alami kurang bermanfaat disbanding obat kimia, kesadaran
masyarakat masih kurang terhadap pentingnya mencegah daripada mengobati
penyakit dan konsumen memiliki banyak pilihan produk lain.
Data
sekunder faktor kunci peluang utama dari produk sejenis
Ketersediaan
bahan baku cukup sehingga perusahaan dapat terus berproduksi tanpa impor.
Ancaman utama yang dihadapi oleh PT Dexa Medica adalah daya beli masyarakat
menurun dan disertai kesadaran masyarakat kurang mengenai pentingnya mencegah
daripada mengobati penyakit.
Data
sekunder strategi dari produk sejenis
Mempertahankan
kualitas, memperluas pemasaran, meningkatkan promosi, mempertahankan harga murah
dan mensosialisasikan mengenai pentingnya mencegah daripada mengobati penyakit
dan melakukan riset pasar untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar